Search This Blog

Loading...

Tuesday, April 17, 2007

Imaginasi

Dulu ketika kecil, ayah berlangganan INTISARI dan saya suka banget baca majalah bulanan itu. Pada suatu ketika entah edisi keberapa dan tahun berapa saya lupa yang jelas ada suatu artikel tentang cara berlatih pedang Samurai Jepang. Waktu itu saya sempat kurang mengerti karena hanya 1 jurus tapi (katanya) mampu digunakan untuk melawan Jurus2 pedang yang manapun.

Kejadian terulang lagi ketika ada kawan Ayah yang mau mengajarkan ilmu Silatnya, saya pun bersedia menjadi murid. Ternyata yang diajarkan hanya 1 Jurus saja yang (konon katanya) mampu untuk membela diri dari serangan bentuk apapun.

Ketidak mengertian ini berlangsung cukup lama (maklum aja agak bego sih), sampai suatu ketika saya renungkan dan semoga ini benar (he he he... kurang meyakinkan).

Menurut Samurai, cara berlatihnya adalah mengimajinasikan sebuah karakter musuh didepan kita yang menyerang dengan kekuatan penuh, dan saat itu kita menyambut serangan dengan sebuah jurus khusus membabatkan pedang. Saya pernah mencobanya dan suasana menegangkan terjadi ketika melakukannya.

Menurut Silat Sunda, cara berlatihnya mengimajinasikan sebuah karakter musuh didepan kita yang menyerang dengan kekuatan penuh dan bervariasi, kita menyambutnya dengan 1 Jurus khusus, Suasananya tidak kalah menegangkan dalam keadaan tersebut.

Jadi intinya ada pada : IMAGINASI.

Lalu teknik ini saya gunakan ketika dulu mau jadi Tentor Komputer, terus terang saja waktu itu belum ada pengalaman sama sekali. Saya coba berlatih dengan mengimajinasikan para student yg duduk di depan kompi dengan pertanyaan yang bermacam2 dan saya berusaha menjawabnya. Hasilnya tidak mengecewakan, para senior bahkan tidak percaya bahwa saya baru sekali itu mengajar.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa sebenarnya nenek moyang kita tidak berbeda cara berpikirnya dengan nenek moyang orang Jepang. So?????

Entahlah, apa yang membuat mereka maju dan kita ketinggalan....??



1 comment:

deterjen laundry said...

usaha laundry , bisnis laundry , deterjen laundry , waralaba laundry , franchise laundry , softener laundry , pewangi laundry